KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA
PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN


Agritek Koleksi Brosur/leaflet Teknologi Pertanian Tepat Guna

Pertanian dalam pengertian yang luas mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup (termasuk tanaman, hewan, dan mikrobia) untuk kepentingan manusia. Penggunaan teknologi juga membawa manfaat yang banyak dalam pertanian. Manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam mendukung pembangunan pertanian berkelanjutan.


Tanaman Pangan
Tanaman pangan merupakan tanaman yang menghasilkan sumber karbohidrat dan protein utama sebagai sumber makanan pokok bagi manusia.


Peternakan
Peternakan merupakan kegiatan mengembangbiakan hewan ternak serta membudidayakan hewan tersebut dengan tujuan untuk mendapatkan hasil dan manfaat dari hewan tersebut.


Perikanan
Perikanan merupakan kegiatan yang memiliki ruang lingkup budidaya, manajemen hingga pengolahan hasil sumberdaya perairan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia.


Perkebunan
Perkebunan mempunyai fungsi ekonomi yaitu meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat serta untuk menguatkan struktur ekonomi wilayah dan nasional.


Hortikultura
Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern. hortikultura memfokuskan pada budidaya tanaman buah, tanaman bunga, tanaman sayuran, tanaman obat-obatan, dan taman.


Alat dan Mesin Pertanian
Alat dan Mesin Pertanian tidak lepas dari definisi dari alat dan mesin itu sendiri. Perbedaan mendasar antara alat dan mesin adalah, mesin memiliki poros yang berputar, sedangkan alat tidak.


Teknologi Pasca Panen
Penerapan teknologi pascapanen merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian. Selain itu, aplikasi teknologi pascapanen juga dapat menekan kehilangan hasil panen.


Tanah dan Agroklimat
Pengetahuan dan teknologi konservasi tanah yang lebih komprehensif makin diperlukan sejalan dengan pesatnya pembangunan nasional yang terkait dengan pemanfaatan dan pengelolaan lahan.


Sosial Ekonomi
Sosial Ekonomi sebagai tempat berinteraksi yang bermanfaat sebagai usaha lahan pertanian atau perkebunan.


Pertanian
Pertanian adalah suatu jenis kegiatan produksi yang dilandasi oleh proses pertumbuhan tanaman dan hewan. Pertanian dalam arti sempit adalah sebagai pertanian rakyat.

 

Beranda

Hubungi Kami

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122

  • dummy+62-251-8321746

  • dummy+62-251-8326561

  • dummy pustaka@pertanian.go.id

Feedback

Masukkan alamat email Anda dan Kami akan mengirim Informasi.

Visitor

We have 4 guests and no members online

Copyright © 2018 PUSTAKA
Kementerian Pertanian Republik Indonesia